Kelebihan dan Kekurangan Jenis Topologi Jaringan Komputer

By | April 22, 2020
Spread the love

Jaringan komputer adalah suatu penghubung yang dapat menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer. Agar jaringan komputer dapat berjalan dengan baik, maka diperlukan adanya topologi jaringan komputer yang memiliki fungsi sebagai penghubung. Kita akan membahas pengertian, fungsi, dan macam-macam topologi jaringan komputer.

Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Topologi adalah konsep atau metode yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer. Topologi menghubungkan komputer berdasarkan hubungan geometris antara penyusun jaringan seperti node, station, dan link.

Berdasarkan pendapat dari Jafar Noor Yudianto, topologi merupakan sebuah sistem yang terdiri dari rangkaian beberapa komputer untuk berkomunikasi, berbagi sumber daya, dan saling memberikan akses ke informasi penting. Ada pun penghubung yang digunakan oleh topologi jaringan yaitu menggunakan kabel dan nirkabel (wireless).

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

Berbagai jenis topologi jaringan komputer yang tersedia saat ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini beberapa jenis topologi yang harus Anda ketahui:

  1. Topologi Ring

Topologi ring dapat disebut juga sebagai topologi cincin sesuai dengan namanya. Jenis topologi ini memanfaatkan perangkat LAN Card untuk terhubung ke setiap komputer, dan memiliki bentuk seperti ring atau cincin.

Kelebihan dari topologi ring adalah biaya instalasi yang relatif lebih murah dan terjangkau. Performa yang dimiliki pun cukup baik dan proses instalasi yang mudah. Namun kekurangan dari topologi ring adalah troubleshooting yang cukup rumit. Selain itu, apabila terdapat masalah pada salah satu komponen dapat menyebabkan koneksi terputus.

  1. Topologi Bus

Topologi Bus adalah topologi jaringan komputer yang paling sederhana jika dibandingkan dengan topologi lainnya. Secara umum, topologi Bus digunakan untuk jaringan yang menggunakan kabel coaxial. Sepanjang node client dan konektor terhubung, topologi ini menggunakan kabel coaxial.

Kelebihan dari jenis topologi Bus adalah mudah untuk menambahkan workstation atau klien baru. Biaya instalasi juga hamper serupa dengan topologi ring yang relative cukup mudah serta penggunaan kabel yang minim. Namun kekurangan dari topologi Bus adalah sering terjadi tabrakan arus data dan membutuhkan waktu lama untuk mengembangkan jaringan.

  1. Topologi Star

Topologi Star atau topologi bintang adalah topologi jaringan yang memiliki bentuk seperti bintang. Dalam menghubungkan antar klien, topologi jaringan ini menggunakan hub dan switch sebagai penghubung. Topologi jenis ini memiliki kelebihan yang lebih banyak jika dibandingkan topologi jaringan lainnya.

Kelebihan dari topologi star adalah tidak menimbulkan gangguan pada kinerja komputer lain apabila terjadi masalah pada salah satu komputer. Pengguna topologi star akan mudah untuk mendeteksi adanya gangguan pada masalah jaringan karena tingkat keamanan yang tinggi. Kekurangan topologi star adalah biaya yang relative lebih mahal.

  1. Topologi Mesh

Topologi mesh adalah jenis topologi jaringan komputer yang memiliki banyak rute di berbagai jaringan yang diinginkan. Jaringan topologi mesh menggunakan kabel tunggal sehingga pengiriman dan proses transfer data menjadi lebih cepat meski tidak menggunakan hub maupun switch.

Kelebihan topologi mesh adalah memiliki limit bandwith yang besar, serta keamanan data dengan tingkat tinggi untuk menghindari tabrakan pada arus data. Namun kekurangan dari jaringan ini adalah kabel yang digunakan pada topologi mesh cukup banyak sehingga biaya untuk instalasi menjadi lebih mahal.

  1. Topologi Tree

Topologi pohon atau topologi tree adalah jenis topologi yang terbentuk dari gabungan topologi Bus dan star. Jenis topologi tree digunakan untuk menghubungkan intrakoneksi antara hierarki namun dengan pusat yang berbeda.

Kelebihan dari jaringan topologi tree adalah mudah dikembangkan dan menambahkan klien baru sesuai dengan keinginan pengguna. Susunan topologi tree terletak pada pusat secara hierarki, sehingga lebih mudah untuk melakukan pengaturan sesuai kebutuhan. Namun kekurangan dari topologi pohon ini adalah kecepatan jaringan dalam transfer data terbilang cukup lambat, serta biaya instalasi yang mahal.

Demikianlah lima macam topologi jaringan komputer beserta kelebihan dan kekurangannya yang harus Anda ketahui. Pilihlah topologi jaringan komputer dengan kelebihan yang memberikan kemudahan dalam konektivitas serta tingkat keamanan yang tinggi untuk melindungi data-data Anda yang sangat penting. Anda dapat mengunjungi situs Infosolution.biz untuk mendapatkan informasi dalam menggunakan jaringan internet secara aman dan bijak.