Macam-Macam Perangkat pada Jaringan Komputer

By | April 5, 2020
Spread the love

Berbagi informasi menjadi mudah dan cepat berkat adanya jaringan komputer. Namun, agar jaringan komputer dapat bekerja dengan baik maka diperlukan perangkat untuk mendukung proses transfer data. Perangkat keras dalam jaringan komputer menjadi sebuah penghubung antara komputer satu dengan komputer lain.

Fungsi Perangkat Jaringan Komputer

Fungsi utama perangkat jaringan komputer adalah sebagai penghubung, disamping itu adapun fungsi lainnya untuk berbagai sumber data, membantu mencapai tujuan dari fungsi jaringan komputer. Perangkat jaringan komputer sangat penting sehingga dapat melakukan komunikasi antar pengguna jaringan tanpa terbatas jarak.

8 Jenis Perangkat Jaringan Komputer

Seiring perkembangan jaringan komputer yang semakin canggih, berbagai macam perangkat pun telah tersedia untuk membantu mengoptimalkan kinerja dari sistem jaringan komputer. Berikut ini beberapa jenis perangkat jaringan komputer yang perlu Anda ketahui:

  1. Server

Server adalah perangkat yang menjadi tempat atau media untuk mengelola jaringan komputer dan menyimpan informasi. Tujuan diciptakan server adalah untuk melayani komputer client, sehingga spesifikasi yang dimiliki oleh server lebih tinggi jika dibanding dengan client.

  1. NIC (Network Interface Card)

NIC dapat juga disebut sebagai LAN Card Expansion Board adalah penghubung antara jaringan dengan perangkat komputer. NIC juga disebut sebagai Ethernet yang terbagi menjadi empat jenis yang pertama ethernet sendiri memiliki kecepatan transfer data mencapai 10 Mbit/detik. Yang kedua yaitu fast etherner dengan kecepatan transfer data mencapai 100 Mbit/detik.

Jenis yang ketiga yaitu gigabit Ethernet dengan kecepatan transfer data mencapai 1000 Mbit/detik. Dan yang terakhir disebut sebagai tengig dengan kecepatan data 10.000Mbit/detik. Keempat jenis Ethernet ini dapat Anda gunakan pada NIC.

  1. Kabel Jaringan

Kabel adalah sebuah media yang dapat menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lainnya. Jaringan komputer memiliki beragam jenis kabel yang digunakan seperti kabel fiber optic, twisted pair, dan kabel coaxial.

  1. Hub and Switch

Switch adalah perangkat dalam jaringan komputer sebagai penghubung beberapa komputer. Jika dilihat dari segi fisik, switch serupa dengan hub namun secara logika cara kerja switch serupa dengan bridge. Adapun 2 tipe switch yang dibedakan berdasarkan harganya, yang pertama yaitu unmanage switch dengan harga termurah. Kemudian manage switch yaitu tipe switch yang memiliki harga termahal.

  1. Router

Jaringan LAN dalam jaringan komputer dihubungkan ke suatu jaringan WAN menggunakan router. Router juga berfungsi untuk mengelola lalu lintas data dari LAN ke WAN dan sebaliknya. Router dapat membantu menemukan jalur terbaik untuk proses transisi data, hal tersebut dikarenakan oleh table routing yang dapat melakukan pencatatan pada semua alamat dalam jaringan.

  1. Bridge

Bridge adalah piranti di dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk membagi jaringan menjadi beberapa jaringan kecil. Berdasarkan informasi dari data link yang didapatkan maka bridge dapat meneruskan lalu lintas antar jaringan dari berbagai segmen.

  1. Modem

Jika Anda memiliki perangkat komputer dan ingin terhubung ke jaringan internet maka Anda dapat menggunakan modem. Modem adalah perangkat yang menghubungkan komputer dengan penyedia jasa layanan internet dengan sebutan Internet Service Provider (ISP).

  1. Repeater

Repeater adalah perangkat yang memiliki fungsi untuk memperkuat jaringan dan sinyal yang masuk ke dalam jaringan komputer. Selain itu, repeater juga berfungsi mengoptimalkan dan mempertahankan integritas dari sinyal tersebut. Namun kelemahan dari repeater adalah tidak memiliki filter traffic sehingga tingkat keamanan jaringan cukup rendah. Anda dapat mengunjungi situs Infosolution.biz untuk mendapatkan informasi dalam menggunakan jaringan internet secara aman dan bijak.