Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer

By | August 21, 2020
Spread the love

Jaringan komputer telah dikenal luas oleh masyarakat umum sebagai penghubung antar komputer. Secara harfiah, jaringan komputer adalah jaringan yang berfungsi memberikan koneksi dan menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya yang saling berbagi data. Namun belum banyak dari masyarakat umum yang mengenal sejarah perkembangan jaringan komputer di dunia.

Latar Belakang Penggunaan Jaringan Komputer

Kebutuhan dan kepentingan dalam aktivitas manusia memerlukan inovasi setiap saat dalam hal teknologi. Penyatuan komputer-komputer dalam sebuah jaringan memiliki tujuan baik untuk kebutuhan individual hingga kepentingan bersama seperti di perusahaan atau korporat. Kebutuhan paling utama adalah kemudahan dalam berkomunikasi antar komputer.

Jika komunikasi antar komputer dalam berjalan dengan baik, maka komunikasi di dalam suatu perusahaan seperti antar divisi pun dapat berjalan dengan lancar. Proses berbagi data menjadi lebih mudah dengan adanya jaringan komputer. Selain itu tidak hanya mampu digunakan dalam jangkauan kecil, jaringan komputer juga digunakan pada jangkauan yang luas hingga mencangkup seluruh dunia.

Tentu saja, jaringan komputer yang pertama kali dibuat tidak memiliki jangkauan yang luas. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin pesat menimbulkan efek perluasan pada jangkauan jaringan komputer.

Sejarah Jaringan Komputer

Pada awal, pembuatan jaringan komputer hanyalah ide untuk menciptakan jaringan agar suatu perangkat komputer dapat digunakan bersama-sama. Ide tersebut muncul kira-kira 70 tahun yang saat teknologi jaringan komputer pertama kali digunakan. Berikut ini penjelasan mengenai sejarah perkembangan jaringan komputer di dunia.

  • Tahun 1940-an: Batch Processing

Pada era 1940-an, ide pembuatan jaringan komputer mulai dikemukakan di Amerika, tepatkan di sebuah laboratorium Bell dan grup riset dari Universitas Harvard. Pada saat itu, prof. H. Aiken menjadi pemimpin dalam suatu penelitian komputer model pertama. Penggunaan komputer ingin dimaksimalkan agar dapat digunakan untuk mengerjakan banyak proses secara bersamaan, dan tanpa menghabiskan banyak waktu.

Kemudian muncullah program bernama batch processing yang bila diterjemahkan menjadi proses beruntun. Proses ini dimanfaatkan untuk membuat program dan pekerjaan pada sebuah komputer dalam satu waktu.

  • Tahun 195-an: Pengembangan Proses TSS (Time Sharing System)

10 tahun setelah batch processing, tepatnya pada tahun 1950-an, perkembangan jaringan komputer mengalami kemajuan. Pada era ini, perkembangan komputer menjadi super komputer berpengaruh pada tuntutan dari perusahaan. Super komputer harus mampu menjalankan banyak program di beberapa terminal dalam waktu bersamaan.

Akibat tuntutan tersebut, maka sistem yang dikenal dengan nama TSS atau Time Sharing System pun diciptakan. Sistem TSS merupakan cikal bakal terciptanya jaringan atau network yang kita kenal saat ini. TSS dikenal dengan istilah distributor berdasarkan waktu yang memungkinkan sebuah komputer bertindak sebagai server dan komputer lain bertindak sebagai client di waktu yang bersamaan.

  • 1970-an: Distribution Processing

Konsep dari sistem jaringan komputer ini dibuat setelah 20 tahun sejak TSS digunakan, adanya beban pekerjaan yang semakin banyak bagi komputer membuat jaringan ini diciptakan. Komponen dan harga sebuah komputer pada era ini terbilang masih cukup tinggi, sehingga akan sulit jika harus menambahkan komputer baru. Maka solusinya adalah dengan mengembangkan jaringan distribution processing.

Kelebihan dari jaringan distribution processing adalah mampu menggunakan lebih dari 2 host untuk mengerjakan tugas. Dimana pada masing-masing host dapat melayani lebih dari dua client atau terminal.

  • 1972+ Terobosan Baru: ARPANET dan Surat Elektronik

Pada tahun 1972 seorang yang bernama Roy Tomlison berhasil menciptakan suatu sistem dimana dikenal sebagai surat elektronik. User dapat mengirim pesan dengan waktu yang singkat dan cepat, dan surat elektronik atau email mengalami perkembangan yang cukup pesat karena banyak diminati.

Setelah itu, Roy juga menciptakan suatu jaringan yang disebut sebagai ARPANET. Jaringan ini sangat mudah untuk digunakan serta cukup populer di kalangan pengguna komputer saat itu, hingga kini jaringan ARPANET masih dalam proses pengembangan lebih lanjut.

  • Penggunaan Local Area Network

Jenis jaringan komputer yang digunakan pertama kali pada tahun 1980-an yaitu LAN atau Local Area Network. Jaringan ini menghubungkan komputer dengan komputer lain dalam jangkauan yang cukup untuk satu rumah atau satu gedung kantor. Jaringan ini pun tidak membutuhkan server atau host, namun cukup populer di kalangan masyarakat.

  • 1990-an: Kelahiran Word Wide Web (WWW)

Pada era tahun 1990-an seseorang yang bernama Tim Barners Lee merancang dan mengembangkan jaringan yang dapat melihat isi dari internet, saat ini dikenal dengan nama WWW atau world wide web. Pengembangan jaringan ini memungkinkan perangkat komputer dapat melihat dan menjelajah berbagai informasi secara bebas, dan memberikan akses kepada sesama komputer lain.

Sejak munculnya WWW, jaringan komputer berkembang menjadi lebih maju hingga saat ini. Mulai dari jaringan komputer kabel, ethernet card, jaringan wireless, hingga jaringan internet yang lebih luas. Anda dapat mengunjungi situs Infosolution.biz untuk mendapatkan informasi dalam menggunakan jaringan internet secara aman dan bijak.